Longki Djanggola Yakin Rusdy Mastura-Ma’mun Amir Mampu Lebih Baik Jalankan Pemerintahan

DEWAN Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Sulawesi Tengah (Sulteng) menggelar rapat paripurna serahterima jabatan Gubernur dan Wakil Gubernur periode 2021-2024 di gedung DPRD setempat, Senin (21/6/2021). FOTO: BIRO ADPIM

SultengTerkini.Com, PALU– Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Sulawesi Tengah (Sulteng) menggelar rapat paripurna serahterima jabatan (sertijab) Gubernur dan Wakil Gubernur (wagub) periode 2021-2024 di gedung DPRD setempat, Senin (21/6/2021).

Sertijab langsung dihadiri seluruh anggota DPRD dan unsur forum koordinasi pimpinan daerah Sulteng.

Dalam sambutannya, Gubernur Sulteng, Rusdy Mastura mengatakan, melalui kegiatan rapat paripurna sertijab tersebut diharap dapat memberikan sumbangsih bagi terwujudnya sistem tata kelola pemerintahan daerah yang baik di Bumi Tadulako, Sulawesi Tengah, sekaligus menjadi contoh keteladanan bagi para pemimpin daerah berikutnya.

Selain itu, Gubernur Rusdy juga mengucapkan apresiasi dan terima kasih kepada para unsur penyelenggara dan pengawasan pilkada 2020, yang tanpa kenal lelah, tetap bekerja siang dan malam, memeras waktu, tenaga dan pikiran demi memastikan pelaksanaan pilkada gubernur-wakil gubernur Sulteng yang demokratis dan partisipatif, untuk mendapatkan dwi tunggal pemimpin daerah yang terbaik, amanah, berintegritas dan ikhlas bekerja, mendarmabaktikan diri kepada masyarakat Sulteng.

“Semoga kegiatan hari ini menjadi titik awal dan sekaligus momentum penting untuk memperkokoh persatuan dan mensinergikan kerja-kerja percepatan yang dilakukan demi hadirnya keadilan sosial, kesejahteraan dan kemakmuran di tengah masyarakat kita, terutama untuk segera menyelesaikan dampak-dampak pandemi Covid-19, penanganan bencana tahun 2018 dan menurunkan angka kemiskinan sehingga daerah kita akan jauh lebih baik dari hari kemarin,” katanya.

Gubernur menambahkan, sebagai pasangan gubernur-wagub Sulawesi Tengah terpilih, dia bersama Ma’mun Amir telah menetapkan visi “Gerak Cepat Menuju Sulawesi Tengah Lebih Sejahtera dan Lebih Maju”.

Di tempat yang sama, Ketua DPRD Sulteng, Nilam Sari Lawira berharap kepada pasangan Gubernur Rusdy Mastura dan wagub Ma’mun Amir agar cepat dalam bertindak untuk menyelesaikan berbagai masalah serta cepat mengetahui jika terjadi suatu kekeliruan untuk kemudian memberikan solusi yang tepat.

Ketua DPRD juga mengingatkan bahwa bekerja mempunyai indikator visi. Indikator tersebut ditetapkan secara logis berbasis historis dan mempunyai asumsi dasar, indikator visi ini dapat tercapai terlampaui atau tidak tercapai.

Sementara itu, Menteri Dalam Negeri, Tito Karnavian yang diwakili Sugeng Hariyono, Staf Ahli Menteri Bidang Kemasyarakatan dan Hubungan Antar Lembaga, mengatakan, gubernur selaku kepala daerah harus mempedomani RPJMN dalam penyusunan dan penyesuaian RPJMD dengan memperhatikan tugas dan fungsi pemerintah daerah dalam mencapai sasaran nasional yang termuat dalam RPJMN.

Sementara itu, Longki Djanggola, mantan Gubernur Sulteng melalui kesempatannya mengatakan, dia bersama Rusli Dg Palabbi dan masyarakat lainnya yakin serta percaya bahwa pasangan Rusdy Mastura dan Ma’mun Amir mampu berbuat lebih baik dalam menjalankan roda pemerintahan, pelaksanaan pembangunan dan pemberdayaan kepada masyarakat di wilayah Sulteng.

Sertijab diakhiri dengan penandatanganan berita acara kemudian dilanjutkan dengan penyerahan memori jabatan dari mantan Gubernur Sulteng, Longki Djanggola kepada Gubernur Sulteng, Rusdy Mastura. CAL

(Visited 9 times, 1 visits today)

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *