Parimo Diyakini Makin Maju di Sektor Perikanan dan Kelautan

Sjarief Widjaja

SultengTerkini.Com, PARIMO– Kepala Badan Riset Sumber Daya Manusia Kelautan dan Perikanan (BRSDM KP) Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) RI, Sjarief Widjaja berkeyakinan bahwa kedepan Kabupaten Parigi Moutong (Parimo) di Sulawesi Tengah kedepan semakin maju di sektor perikanan dan kelautan.

Bahkan Sjarief memberikan apresiasi kepada Bupati Parimo, Samsurizal Tombolotutu yang sungguh-sungguh membangun Parimo di setiap komunitas unggulan yang ada, termasuk bidang perikanan dan kelautan.

“Luar biasa dukungan pak Bupati. Parigi Moutong Teluk Tomininya begitu kaya dengan berbagai potensi perikanan, mulai dari perikanan tambaknya, wisata baharinya, sehingga dengan begitu mulai banyak investor masuk di wilayah ini, termasuk investor tambak udang,” katanya, Sabtu (19/6/2021).

Sjarief mengatakan, jika ingin membangun industri perikanan lebih baik lagi, maka harus mendekatkan masyarakat terdidik.

Olehnya kata Sjarief, pihaknya telah bekerja sama dengan Pemerintah Kabupaten Parimo untuk mengutus anak daerah Parimo untuk sekolah di politeknik yang tersebar di Indonesia.

“Nah saat ini kan Parigi Moutong, salah satunya kerjasama dengan Politeknik KP Bone, sehingga bisa mempunyai kampus di Parigi Moutong. Olehnya supaya cepat dan tidak membutuhkan prosedur yang lama, kita merintis dari Bone dulu setelah itu akademi komunitas program D1 dan D2 untuk mendukung budidaya perikanan dan budidaya tangkap dan wisata bahari. Setelah itu kita naikkan, yang tadinya akademi komunitas sehingga menjadi Politeknik KP Parigi Moutong, karena arahnya pasti kesitu,” ujarnya.

“Nah pak bupati dan kadis perikanan yang hebat ini kita dorong dan bantu untuk membuat kampus baru, termasuk dukungan kita untuk budidaya tambak. Apalagi sudah disiapkan lahan lima hektare di Desa Poli,” tuturnya.

Sjarief menjelaskan, kuliah di Poltek KP lebih banyak tinggal di pertambakan, tinggal di industri pabrik dan lain sebagainya ketimbang kuliah rutin.

“Dengan begitu kan otomatis perkuliahan berkurang, tetapi pengolahan tambak lebih banyak. Saya percaya Parigi Moutong maju,” tuturnya. CAL

(Visited 7 times, 1 visits today)

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *