Percepatan Pemulihan Pascabencana, Gubernur Sulteng akan Bantu Pemkot Palu Rp 22 Miliar

GUBERNUR Sulawesi Tengah, Rusdy Mastura melakukan pertemuan bersama Walikota-Wakil Walikota Palu, Hadianto Rasyid dan dr Reny Lamadjido terkait proses percepatan rehab dan rekonstruksi pascabencana di ruang kerjanya, Rabu (23/6/2021). FOTO: BIRO ADPIM

SultengTerkini.Com, PALU– Gubernur Sulawesi Tengah (Sulteng), Rusdy Mastura melakukan pertemuan bersama Walikota-Wakil Walikota Palu, Hadianto Rasyid dan dr Reny Lamadjido terkait proses percepatan rehab dan rekonstruksi pascabencana 28 September 2018 silam, bertempat di ruang kerjanya, Rabu (23/6/2021).

Walikota Palu menyampaikan progres rehab dan rekonstruksi dampak bencana Kota Palu, rencana pembangunan hunian tetap (huntap) baik di Tondo I dan II. Demikian juga pembangunan huntap Petobo dan pembangunan kembali Jembatan IV Palu.

Laporan walikota yang didampingi Wakil Walikota, Asisten I dan Kepala Bappeda Kota Palu juga menyampaikan rencana pemulihan secara umum dampak bencana.

Gubernur Rusdy Mastura menyampaikan terima kasih atas langkah yang sudah dilakukan dan percepatan pelaksanaan rehab dan rekonstruksi di Kota Palu.

“Saya minta tahun 2021 harus kita selesaikan pemulihan bencana,” katanya.

Gubernur pada kesempatan itu bertanya kepada walikota, apa yang harus dibantu?.

Walikota Palu lalu menjawab pihaknya butuh dukungan dana untuk membebaskan tanah huntap Petobo dan tanah pembangunan Jembatan IV Palu.

“Berapa dibutuhkan untuk kami bantu?,” kata Gubernur Rusdy Mastura.

“Untuk pembayaran tanah Jembatan IV sebesar Rp 10 miliar dan pembebasan tanah huntap Petobo Rp 12 miliar,” begitu jawab Walikota Hadianto.

Gubernur siap membantu melalui APBD-P tahun 2021 sebesar Rp 22 miliar sebagaimana yang diminta Pemerintah Kota Palu.

“Saya minta agar dapat dipercepat pelaksanaannya supaya masyarakat cepat bisa tinggal pada rumah yang layak. Saya belum tahu berapa kebutuhan untuk Kabupaten Donggala dan Sigi,” katanya.

Gubernur juga meminta kepada walikota agar wajah Kota Palu sebagai ibu kota provinsi dapat ditata dengan baik dan pemerintah provinsi akan mendukung. CAL

(Visited 7 times, 1 visits today)

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *