Putra Kedua Bupati Samsurizal Bantu Kembangkan Pariwisata di Parimo

Riznu Fitra Bhuana Tombolotutu

SultengTerkini.Com, PARIMO– Riznu Fitra Bhuana Tombolotutu, anak kedua dari pasangan Bupati Parigi Moutong (Parimo), Samsurizal Tombolotutu dan Noor Wachida Prihartini ingin membantu mengembangkan sektor pariwisata di Parimo.

Riznu mengembangkan pariwisata di Parimo yang saat ini dinakhodai ayahnya melalui bantuan pemikiran dan konsep pengembangan pariwisata melalui olahraga diving dan paralayang.

Riznu yang berstatus perwira menengah berpangkat Mayor di Tentara Nasional Indonesia (TNI) Angkatan Darat (AD) dan bertugas di Manado itu mengaku tertarik dengan kemajuan pariwisata di Manado yang luar biasa.

Sehingga dia mempertanyakan mengapa di Parimo tidak bisa seperti itu.

Padahal kata dia, Parimo banyak potensi pariwisata yang dapat digali dan dikembangkan serta tidak kalah penting dengan daerah lain yang lebih duluan maju.

“Saya pertama tahunya Lolaro ini bulan Januari kemarin karena saya dinas di Manado. Saya melihat potensi pariwisata di Manado sudah jalan dengan adanya plan taman nasional. Kemudian saya membandingkan kenapa di Parimo tidak bisa seperti itu?. Mari kita berikan edukasi masyarakat dulu apa yang lebih dominan di Perairan Teluk Tomini ini atau kita jadikan Tomini wisata,” kata Riznu, Jumat (25/6/2021).

Olehnya Riznu mengajak semua komponen untuk bersama-sama membangun Parimo, salah satunya melalui pengembangan wisata.

Selanjutnya kata Riznu, kedatangan Tim Diving sebanyak tujuh orang dari Manado yang dipimpinnya bertujuan untuk mendidik masyarakat bahwa pariwisata jangan hanya banyak dijadikan seremoni saja.

Akan tetapi kata dia, harus digali potensinya sebagai bagian dari promosi pariwisata.

“Di Manado rata-rata orang bekerja sebagai pemandu turis untuk bermain, sehingga di Manado sudah ada SMK diving dan kuliahnya politeknik wisata, dan hasilnya lulusan dari situ bisa menjadi pemandu wisatawan. Ini yang kita harus manfaatkan agar kedepan Parimo bisa seperti itu, bisa dijadikan sumber penghasilan bagi masyarakat dan pastinya juga berhubungan dengan cinta lingkungan,” ujarnya.

Dia berkeinginan paling tidak membantu mengajarkan atau memberikan pelatihan kepada masyarakat melalui instruktur The Master Diving terkait pengembagan wisata diving di Parimo.

“Kami sebanyak lima orang yang sudah bersertifikat The Master Diving yang coba akan membantu memberikan pelatihan, khususnya kepada anak-anak kita yang dari daerah terpencil dan anak-anak nelayan di pesisir pantai,” pungkasnya. CAL

(Visited 7 times, 7 visits today)

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *