Tiga Gedung Baru Puskesmas di Parimo Resmi Difungsikan

BUPATI Parigi Moutong, Samsurizal Tombolotutu meresmikan tiga gedung baru puskesmas, bertempat di Puskesmas Tinombo, Sabtu (26/6/2021). FOTO: DISKOMINFO

SultengTerkini.Com, PARIMO– Tiga gedung baru Pusat Kesehatan Masyarakat atau Puskesmas di tiga wilayah di Kabupaten Parigi Moutong (Parimo), Sulawesi Tengah yaitu Puskesmas Lambunu 2 Kecamatan Bolano Lambunu, Puskesmas Kecamatan Tomini dan Puskesmas Kecamatan Tinombo akhirnya resmi difungsikan.

Bupati Parimo, Samsurizal Tombolotutu berkesempatan meresmikan ketiga puskesmas itu bertempat di Puskesmas Tinombo, Sabtu (26/6/2021).

Kepala Dinas Kesehatan Parimo, Elen Nelwan dalam laporannya mengatakan, gedung baru tiga puskesmas itu bersumber dari Dana Alokasi Khusus tahun 2020 dan masing-masing anggarannya Rp 9 miliar lebih.

Elen mengatakan, puskesmas adalah fasilitas layanan kesehatan dengan lebih mengutamakan upaya promotif dan preventif untuk mencapai derajat kesehatan masyarakat yang setinggi-tingginya.

Upaya ksehatan tersebut kata Elen, diselenggarakan dengan menitikberatkan pada pelayanan untuk masyarakat luas guna mencapai derajat kesehatan yang optimal tanpa mengabaikan mutu pelayanan kepada perorangan.

“Pembangunan kesehatan yang diselenggarakan di puskesmas bertujuan untuk memajukan masyarakat yang memiliki perilaku baik, kesadaran, kemauan dan kemampuan untuk hidup sehat serta mampu menjangkau pelayanan kesehatan bemutu, dan memiliki derajat kesehatan optimal baik keluarga, kelompok maupun masyarakat,” katanya.

Selanjutnya dalam kegiatan itu sekaligus peresmian Public Safety Center (PSC) 199 untuk PSC Parigi dan PSC Siney.

Sementara Bupati Samsurizal Tombolotutu mengatakan, dalam waktu dekat pemerintah membuka penerimaan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) yang diangkat berdasarkan perjanjian kerja untuk jangka waktu tertentu.

“InsyaAllah dalam waktu dekat dibuka penerimaan PPPK bagi honorer, dan mereka menerima hak sama seperti Pegawai Negeri Sipil dan bisa menduduki jabatan sebagai pejabat pemda hanya saja tidak bisa untuk jabatan sekretaris daerah (sekda) atau menjadi sekda,” ujarnya.

“Saya berharap puskesmas ini difungsikan dengan baik, beri pelayanan terbaik kepada pasien kita,” tuturnya.

Usai meresmikan tiga puskesmas, bupati didampingi Ketua TP-PKK Parimo, Noor Wachida Prihartini S Tombolotutu, Kadis Kesehatan dan sejumlah kepala organisasi perangkat daerah langsung melakukan pengguntingan pita.

Setelah itu dilanjutkan dengan peninjauan gedung baru Puskesmas Tinombo serta menyaksikan terbang layang take off dari pegunungan Ogolongkap Desa Silabia dan mendarat di depan Pantai Wisata Mangrove Lolaro. CAL

(Visited 6 times, 6 visits today)

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *