Vaksinasi Massal Covid-19 Sehari di Sulteng Lampaui Target

VAKSINASI massal Covid-19 yang dilaksanakan di Gedung Torabelo Mapolres Palu, Jalan Sam Ratulangi, Sabtu (26/6/2021). FOTO: HUMAS POLRES PALU

MASA pandemi Covid-19 di Indonesia, termasuk di Sulawesi Tengah (Sulteng) belum juga berakhir. Angka kasus Covid-19 atau Virus Corona di Sulteng juga terus bertambah dari hari ke hari.

OLEH: APRISAL

Berbagai cara dan langkah pun terus dilakukan oleh pemerintah daerah untuk mengatasi pandemi Corona tersebut, salah satunya adalah melalui vaksinasi. Pihak kepolisian di Sulteng juga terpaksa turun tangan terkait vaksinasi massal dalam rangka membantu pemerintah mencegah penyebaran Covid-19.

Seperti yang dilakukan Polri, dimana secara serentak pada Sabtu (26/6/2021) menggelar vaksinasi massal secara gratis dengan target satu juta dosis.

Kegiatan itu dilaksanakan juga dalam rangka menyambut Hari Bhayangkara ke 75 yang tiap tahunnya diperingati 1 Juli.

Pelaksanaan vaksinasi tersebut dilaksanakan di seluruh polda, tidak terkecuali di Sulteng.

Hal ini merupakan target dari Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) yang diakselerasi oleh Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo terkait satu juta dosis per hari.

Kabid Humas Polda Sulteng, Kombes Polisi Didik Supranoto mengungkapkan, untuk merespon vaksinasi satu juta sehari, Polda Sulteng dan polres jajaran juga memberikan pelayanan vaksinasi massal secara gratis kepada masyarakat.

“Target pelaksanaan vaksinasi adalah 13.550 dan pelaksanaannya di 12 polres jajaran yakni ada 21 titik, dengan jumlah vaksinator 766 terdiri dari vaksinator Polri 232, vaksinator TNI 34 dan vaksinator Dinkes 500,” kata Didik Supranoto di Palu, Ahad (27/6/2021).

Polda Sulteng sendiri untuk mendukung vaksinasi massal itu telah menggandeng Fakultas Kedokteran Universitas Tadulako (Untad) Palu.

Tempat pelaksanaan vaksinasi di kampus Untad itu dikunjungi oleh Wakapolda Sulteng, Brigjen Polisi Hery Santoso didampingi beberapa pejabat utama lainnya.

Adapun target vaksinasi adalah 13.550, akan tetapi sesuai laporan kesiapan serbuan vaksinasi nasional TNI Polri sehari 1 juta orang di wilayah Polda Sulteng jumlah orang yang divaksin sebanyak 27.977.

Artinya Polda Sulteng melampaui target yang ditetapkan. Sementara update masyarakat yang sudah divaksinasi dari 4 hingga 25 Juni 2021 sebanyak 37.891 orang.

Didik juga menyebut, dengan diselenggarakannya vaksinasi dengan target 13.550 pada 26 Juni 2021 dan target 94.500 pada akhir Juni 2021 oleh Polda Sulteng diharapkan terciptanya kekebalan kelompok atau herd immunity masyarakat Sulteng terhadap Virus Corona.

Meski begitu, Didik tetap mengimbau kepada masyarakat yang sudah divaksin untuk tetap menerapkan protokol kesehatan (prokes) dalam kehidupan sehari-hari.

“Semoga tercapai herd immunity di lingkungan masyarakat Sulawesi Tengah,” tutur mantan Kapolres Kolaka, Polda Sulawesi Tenggara itu.

VAKSINASI massal di kampus Universitas Tadulako, Kota Palu, Sabtu (26/6/2021). FOTO: HUMAS POLDA SULTENG

Sementara itu, vaksinasi massal juga dilaksanakan oleh Polres Palu dan jajarannya.

Kegiatan itu pun mendapat perhatian dari Kapolres Palu, AKBP Riza Faisal bersama Dandim 1306/Donggala Kolonel Inf Heri Bambang Wahyudi dimana berkesempatan mengecek pelaksanaan vaksinasi Covid-19 secara massal yang dilaksanakan di Gedung Torabelo Mapolres Palu, Jalan Sam Ratulangi.

Kapolres Riza mengatakan, kegiatan itu guna menindaklanjuti instruksi Presiden Jokowi yang menginginkan mulai 26 Juni 2021 sampai dengan seterusnya adalah merupakan program vaksinasi massal.

Program ini bertujuan untuk menekan lajunya penularan Covid-19 di Indonesia, tak terkecuali di Kota Palu.

“Dengan harapan agar bisa mencapai target 1 juta orang yang sudah mendapatkan vaksinasi Covid-19 dapat dicapai dalam per hari,” kata Kapolres Riza.

Untuk di Kota Palu sendiri kata kapolres, pelaksanaan vaksinasi Covid-19 sudah berjalan sejak awal vaksin diberikan pemerintah pusat ke pemerintah daerah.

“Selain itu TNI/Polri juga telah menerima bantuan vaksin dari Mabes TNI maupun Mabes Polri,” ujarnya.

Sementara di wilayah hukum Polres Sigi juga digelar vaksinasi massal pada Sabtu (26/6/2021).

Kapolres Sigi, AKBP Yoga Priyahutama didampingi sejumlah pejabat utama lainnya meninjau gerai vaksinasi yang diselenggarakan di Lapangan Desa Kotapulu, Kecamatan Dolo.

Pada kesempatan itu, Kapolres Yoga mengatakan, pihaknya telah melaksanakan vaksinasi sejak pekan lalu dengan membuka gerai di puskesmas se jajaran Polres Sigi.

Vaksinasi itu juga melibatkan aparat bhabinkamtibmas dan babinsa sebagai motor pengerak masyarakat untuk divaksin.

“Saya mohon kerjasamanya untuk pelaksanaan vaksinasi agar kita semua dapat terhindar dari Covid-19,” tutur Kapolres Yoga.

Dia juga mengucapkan terima kasih dan apresiasi kepada masyarakat di wilayahnya yang telah hadir di gerai untuk menjalani vaksinasi.

“Jadi saya harapkan adanya vaksinasi untuk meningkatkan kekebalan kita,” katanya.

Untuk diketahui, berdasarkan data dari Pusdatina Covid-19 Pemerintah Provinsi (pemprov) Sulteng, jumlah warga yang terpapar Virus Corona di wilayahnya pada hingga Sabtu (26/6/2021) malam sebanyak 29 kasus, sehingga total ada 13.417 orang.

Sementara total pasien Covid-19 di Sulteng yang dinyatakan sembuh oleh tim medis mencapai 12.651 orang.

Adapun jumlah pasien Corona di Sulteng yang meninggal dunia sebanyak 394, setelah pada Sabtu (26/6/2021) bertambah satu orang di Kabupaten Morowali.

Pihak Pemprov Sulteng tak henti-hentinya terus mengimbau kepada seluruh warga di wilayahnya untuk tetap mematuhi protokol kesehatan dalam pencegahan Virus Corona seperti mencuci tangan, menjaga jarak, memakai masker, mengurangi mobilitas, dan menghindari kerumunan. ***

(Visited 7 times, 7 visits today)

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *