Walikota Palu Lantik 220 Pejabat, Termasuk Lurah dan Camat

WALI KOTA Palu, Hadianto Rasyid secara resmi melantik pejabat administrator, pengawas, serta pejabat fungsional tertentu di lingkungan Pemerintah Kota Palu di halaman kantornya pada Senin (21/6/2021). FOTO: HUMAS

SultengTerkini.Com, PALU– Wali Kota Palu, Hadianto Rasyid secara resmi melantik pejabat administrator, pengawas, serta pejabat fungsional tertentu di lingkungan Pemerintah Kota (pemkot) Palu di halaman kantornya pada Senin (21/6/2021).

Dalam kesempatan tersebut, ada sebanyak 220 orang yang dilantik oleh Walikota Hadianto, terdiri dari 64 orang pejabat administrator dan 156 orang pejabat pengawas di lingkungan Pemkot Palu.

Dalam arahannya, Walikota Hadianto menyebut bahwa pelaksanaan rotasi atau perpindahan tugas dalam jabatan struktural merupakan hal biasa dalam suatu organisasi pemerintahan.

Hal ini dimaksudkan untuk melakukan penyegaran ataupun mengisi kekosongan dalam beberapa jabatan serta menghindari potensi stagnasi dan kesenjangan operasional dalam menjalankan tugas-tugas pemerintahan.

“Termasuk tugas-tugas pembangunan dan pelayanan kepada masyarakat agar tetap berjalan secara optimal terutama terkait dengan percepatan visi dan misi pemerintahan di periode ini,” katanya.

Menurutnya, kenaikan pangkat merupakan hak seorang pegawai, akan tetapi penempatan jabatan adalah pemberdayaan pimpinan terhadap seorang PNS yang didasarkan penilaian kinerja mencakup aspek loyalitas, disiplin kinerja, beretika, dan bermoral.

“Saya berharap peristiwa rotasi ini jangan diartikan sebagai konotasi negatif. Marilah kita menerima alihtugas untuk meningkatkan disiplin dan etos kerja kita untuk semakin meningkatkan performa kerja serta membangun kepercayaan diri dalam melaksanakan percepatan tugas yang dipercayakan kepada kita,” ungkapnya.

Walikota berkomitmen tahun ini pihaknya berupaya akan memperbaiki sistem Pemkot Palu secepatnya, sehingga penilaian kerja akan berdasarkan E-Kinerja yang akan mengukur setiap person ASN.

“Sehingga kita mampu melayakkan diri bukan karena faktor kedekatan, namun karena kemampuan dan kapabilitas yang dimiliki,” katanya.

Dia juga berharap para pejabat yang dilantik mampu mengemban tugas dan tanggungjawab baru dengan sebaik-baiknya, karena penilaian kinerja secara intensif akan dilakukan.

“Kami berharap percepatan-percepatan dapat dilakukan untuk mempercepat pelaksanaan visi misi dan harus dilakukan serta mampu dikerjakan oleh kita semua. Jangan sampai tiba-tiba terjadi perubahan dan mutasi lebih cepat dari yang dilaksanakan hari ini dimaknai sebagai hal negatif. Kami akan melakukan penilaian-penilaian yang objektif,” jelasnya.

Walikota juga meminta maaf apabila rotasi jabatan yang terjadi tidak sesuai harapan bagi para ASN, sehingga menimbulkan kekecewaan dalam diri.

“Mari kita bekerja secara profesional dan menjauhi perilaku-perilaku yang tidak baik, sehingga masyarakat menilai tidak baik kepada pemerintah. Semoga saudara-saudara yang dilantik memberi energi baru dalam melaksanakan tugas dan tanggungjawab yang diemban,” tuturnya. CAL

(Visited 10 times, 1 visits today)

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *